May 21, 2018

Tya Ariestya Ajarkan Hal Ini Pada Anak Saat Bulan Ramadan

Meskipun Si Kecil belum diharuskan untuk menjalankan ibadah puasa, bukan berarti Mama tidak mengajarkannya untuk melakukan ibadah ini setiap tahun kan.

Tya Ariestya Ajarkan Hal Ini Pada Anak Saat Bulan Ramadan

Mulailah dengan hal-hal kecil untuk memperkenalkannya dengan ibadah bulan Ramadan, seperti berpuasa.

Tak cukup hanya berpuasa, Mama juga dapat mengenalkannya dengan amalan-amalan lainnya pada Si Kecil.

Hal tersebut juga diterapkan oleh pesinetron sekaligus host kenamaan, Tya Ariestya.

Muhammad Kanaka Ratinggang, putra pertama dari Duta Tekwondo ini meskipun belum genap berusia 2 tahun, namun sudah dikenalkan dengan nilai-nilai religi.

Nah, bersaman dengan datangnya bulan suci, Tya Ariestya berbagai cerita dengan Popmama.com mengenai kegiatannya bersama Si Kecil saat bulan Ramadan.

Wah, kira-kira seperti apa ya kegiatan seru mereka?

1. Memperkenalkan puasa


Mengenalkan Si Kecil berpuasa sejak dini penting untuk dilakukan agar anak dapat terbiasa melakukan hal tersebut saat ia dewasa.

Namun, jangan terlalu memaksakannya ya Ma karena ia pun belum wajib untuk menunaikan ibadah yang satu ini.

Setidaknya Mama dapat menjelaskan padanya mengenai ibadah yang saat ini sedang Mama dan Papa laksanakan, jika ia ingin mencobanya maka berikan dukungan padanya secara penuh.

“Dia kan belum mulai berpuasa, apalagi tahun kemarin yang dimana umurnya juga masih kecil banget. Nah, sekarang kan dia udah umur 2 tahun, jadi rencananya sih tahun ini aku baru mau mulai perkenalkan puasa ke dia,” ujarnya.

2. Melakukan shalat tarawih berjamaah


Ibadah tiap tahun lainnya yang rutin dilakukan oleh umat muslim adalah shalat tarawih.

Mungkin Mama dan Papa sudah tak asing dengan ibadah yang satu ini.

Namun tidak bagi Si Kecil! Bak kertas kosong, membekali anak dengan amal ibadah merupakan hal yang penting untuk dilakukan, salah satunya mengenalkannya dengan shalat tarawih.

Jika Mama tidak sempat melakukannya di masjid, ataupun khawatir Si Kecil akan berkeliaran saat shalat tarawih, maka Mama dapat menggunakan tips dari Tya nih.

“Kalau aku nggak sempat shalat tarawih di masjid, biasanya sih aku dan kelurga sering shalat tarawih berjamaah di rumah. Anak ku juga jadi lebih mudah diatur kalau shalat dirumah,” ungkap perempuan pecinta fotografi ini.

3. Bershalawat


Berbondong-bondong mengumpulkan pahala sebanyak mungkin pada bulan Ramadan merupakan hal yang parlu untuk dilakukan.

Selain tarawih, amalan lainnya yang dapat dilakukan adalah dzikir dan shalawat.

“Waktu aku shalat tarawih berjamaah di masjid biasanya kan ada dzikir dan shalawatnya, nah aku sekalian tuh mengajarkan hal itu pada anakku,” tambahnya.

Wah, jadi jangan hanya ajak anak shalat tarawih saja ya Ma.

Ajarkan juga padanya untuk mengucapkan shalawat saat tarawih berlangsung ya.

4. Menerapkan shalat 5 waktu dengan tepat


Shalat 5 waktu yaitu subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim.

Namun terkadang, banyak orang yang tidak melakukannya dengan tepat waktu.

Hal tersebut sebenarnya dapat mengurangi pahala dari ibadah tersebut.

Nah, bersamaan dengan datangnya bulan suci Ramadan, Tya Ariestya memanfaatkan momen tersebut untuk mengajarkan pada anaknya agar melakukan shalat wajib dengan tepat waktu.

Kalau Mama dan Si Kecil bagaimana nih?

5. Menjalankan shalat Idul Fitri


Sebagai penutup bulan Ramadan, setiap umat muslim pastinya akan melakukan shalat Idul Fitri. Tak terkecuali keluarga Mama bukan?

Tahun ini rencanaya Tya Ariestya akan mengajak Si Kecil untuk turut serta menjalankan ibadah shalat Ied.

Mengingat umurnya yang juga sudah cukup besar, maka kini ia tak ragu lagi untuk mengenalkannya pada anak sedini mungkin.

Nah, itulah 5 hal yang Tya Ariestya lakukan untuk mengenalkan Si Kecil pada bulan Ramadan.


EmoticonEmoticon